Software bebas merupakan satu diantara hal yang paling dicari di internet. Namun sayangnya tidak segenap software gratis itu tenteram. Banyak faksi yang tidak logis menjadikan software gratis serupa “senjata” untuk menginfeksi komputer kabin demi margin pribadi mereka.

Untuk ini sebelum mendownload software bebas, kamu harus memastikan terlebih dahulu lalu software ini aman & terpercaya. Menentukan apakah satu buah file yang didownload hal itu aman alias tidak yaitu sebuah skill dasar yang perlu dikuasai oleh pengguna komputer, bahkan pengguna Windows.

Bagi pengguna komputer yang sudah “terlatih”, biasanya itu sudah mengarungi “insting” mengenai aman ataupun tidaknya unik software. Namun bagi pengguna komputer pemula, menentukan aman atau tidaknya suatu software tidaklah mudah. Untuk itu melalui poin ini PG akan memahami 6 sesuatu yang sebaiknya dilakukan sebelum http://kompione.com

1. Pastikan Developernya Terpercaya



Apabila kamu menyidik developer / perusahaan penyusun software mereka terpercaya, oleh sebab itu kamu tidak perlu risau. Misalnya sekadar software bebas buatan Microsoft, Google, ataupun bahkan developer kecil unik yang sudah terpercaya, kau bisa refleks mendownload serta menggunakan software buatan merencanakan.



Jika software yang akan kamu unduh dibuat sambil developer yang belum sempat kamu dengan-dengar sebelumnya, jadi kamu demi memastikan apakah developer ini terpercaya ataupun tidak. Jajal cek situs - situs official tersebut, atau googling untuk menelaah review mengenai developer ini.

2. Pastikan Download dari Situs yang Terpercaya

Saat mendownload, pastikan kamu mendownload dari website - website officialnya. Rata-rata ketika sampeyan mengetikkan pamor software tersebut di Google, maka website officialnya bakal muncul dalam urutan ternama.

3. Pastikan kamu menelaah review software tersebut

Sejumlah situs download biasanya bakal menyertakan review dari software tersebut. Tetapi tidak ada salahnya untuk googling mencari review tambahan. Coba ketikkan “nama software review” di Google pencari, kemudian gagar referensi dari beberapa pengguna software ini. Biasanya kau akan mewujudkan kelebihan serta kekurangan software tersebut mulai pengguna yang sudah mencobanya.

4. Scan dengan Antivirus

Sebelum menginstall software yang sudah awak download, pastikan kamu scan terlebih lepas dengan antivirus. Kamu bisa menggunakan VirusTotal atau antivirus yang terinstall di komputer kabin kamu. Jika kamu pengguna Windows, awak bisa menggunakan Windows Defender yang sudah built-in di OS Windows.

5. Lihat Proses Instalasi

Software gratis biasanya memasukin dengan toolbar atau penggunaan lain yang sebenarnya bukan kita butuhkan. Perhatikan metode instalasi dengan seksama, serta hilangkan kusut instalasi toolbar atau crapware yang disertakan di installer tersebut.

6. Install secara Terisolasi (Opsional)

Jika kamu tidak serius dengan keamanan software yang kamu download, kamu mampu mencobanya terlebih dahulu dalam Virtual Machine atau dalam Sandbox mempergunakan Sanboxie. Software yang diinstall secara terisolasi tidak akan mempengaruhi sistem tertinggi. Jadi apabila software itu membuat satu perubahan yang merusak, sistem komputer awak tidak akan jatuh.